,

Perbaikan 7 Ruas Jalan di DIY

dpupesdm Avatar

Loading

Pemda DIY mulai melakukan perbaikan di 7 ruas jalan, termasuk salah satunya ruas jalan Godean yang menjadi fokus utama. Perbaikan dilakukan di jalan sepanjang 1,5 kilometer di barat Pasar Godean, yaitu antara Kalurahan Sidorejo hingga Kalurahan Sidoluhur, Kapanewon Godean.

Kepala DPUPESDM DIY, Anna Rina Herbranti mengatakan, pembangunan tidak hanya fokus pada perbaikan jalan saja. Detail utamanya berupa rekonstruksi jalan dan overlay ruas jalan sepanjang 1,5 kilometer. Perbaikan ini ditargetkan selesai pada Oktober 2024 mendatang.

Pembangunan dibagi beberapa tahap, salah satunya penebangan pohon perindang. Saat ini pembangunan telah berada pada tahap pemasangan saluran drainase. Pembangunan drainase ini berupa pemasangan U-Ditch sepanjang 1.476 meter. Adapula penempatan Box Culvert sepanjang 23 meter di sisi Utara Jalan Godean.

Proses keseluruhan proyek ini, menurut Anna berlangsung bertahap. Untuk saat ini dilakukan peningkatan aspal sepanjang 1,5 kilometer. Sisanya berupa perawatan dan pemeliharaan rutin menggunakan anggaran pemeliharaan jalan provinsi. Saat ini fokus perbaikan masih di ruas jalan 1,5 Km ini. Selama proses pengerjaan, tidak dilakukan penutupan jalan, namun dilakukan rekayasa lalu lintas melalui koordinasi dengan Dishub dan Kepolisian serta Kalurahan.

Perbaikan jalan tidak hanya di kawasan Godean saja, namun ada tujuh ruas jalan yang turut menjadi perhatian jajarannya. Targetnya adalah rehabilitasi yang ditargetkan rampung tahun ini. Anna menegaskan bahwa perbaikan jalan ini bukan karena sekadar karena viral di media sosial. Namun sifatnya adalah perbaikan infrastruktur jalan. Terutama jalan prioritas yang menjadi penghubung antar wilayah.

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUP-ESDM DIY, Wira Sasongko Putro mengatakan, perbaikan jalan Godean tidak hanya sepanjang 1,5 kilometer, namun mencapai 7,5 kilometer. Panjang ini membentang dari Pasar Godean hingga Jembatan Kebon Agung 1 atau Jembatan Ngapak. Namun untuk saat ini, untuk tahap awal, perbaikan sepanjang 1,5 kilometer. 1,5 Km ini membentang dari Jembatan Sumber Rejo 2 hingga SPBU Sidorejo.

Selengkapnya di jogjaprov.go.id

___

#PemdaDIY
#DPUPESDMDIY

Tagged in :

dpupesdm Avatar

More Articles & Posts