,

Lomba P3A Tingkat DIY 2024

dpupesdm Avatar

Loading

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Kelembagaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dalam pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi, Dinas PUPESDM DIY melalui Bidang Sumber Daya Air dan Drainase menyelenggarakan kegiatan Lomba P3A Tingkat DIY Tahun 2024.

Selain untuk meningkatkan kemandirian dan partisipasi P3A dalam pengelolaan irigasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam hal teknik keirigasian, teknik pertanian, kelembagaan, sosial-ekonomi dan finansial, sekaligus memberikan apresiasi pada P3A yang memiliki kinerja yang baik.

Lomba P3A diikuti oleh 4 P3A perwakilan dari kabupaten di DIY, yaitu:
1. P3A Sedyo Utomo perwakilan dari Kab. Bantul
2. P3A Tirto Mulyo perwakilan dari Kab. Sleman
3. P3A Widodo perwakilan dari Kab. Kulon Progo
4. P3A Ngudi Makmur perwakilan dari Kab. Gunungkidul.

Kegiatan lomba dimulai dengan kunjungan Tim Juri ke lokasi P3A perwakilan masing-masing kabupaten untuk melakukan penilaian/evaluasi lapangan. Dilanjutkan dengan kegiatan Sarasehan, yaitu presentasi/pemaparan masing-masing P3A di Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi SUmber Daya Mineral DIY.

Pada lomba P3A tahun ini perwakilan dari Kab. Kulon Progo, P3A Widodo keluar sebagai juara satu, diikuti oleh P3A Tirto Mulyo dari Kab. Sleman menjadi juara dua, P3A Ngudi Makmur dari Kab. Gunungkidul sebagai juara tiga dan perwakilan dari Kab. Bantul P3A Sedyo Utomo menjadi juara harapan satu.

Juri pada lomba P3A tahun 2024, yaitu:
1. Bp Prof. Dr. Ir. Sigit Supadmo Arif, M. Eng. (Fakultas Teknologi Pertanian UGM)
2. Ibu Sri Yatmini, S.P. (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY)
3. Ibu Ir. Evi Aeria Damiana (BBWS Serayu Opak)

Tagged in :

dpupesdm Avatar

More Articles & Posts