,

Dinas PUPESDM DIY Resmi Menjalin Kerja Sama dengan Universitas Widya Mataram Yogyakarta

dpupesdm Avatar

Loading

Yogyakarta (14 Oktober 2024) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta (DPUPESDM DIY) resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Widya Mataram Yogyakarta. Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Kepala Dinas, Anna Rina Herbranti, S.T., M.T. dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram, Eman Darmawan S.TP., M.P, bertempat di Ruang Rapat A, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta.  Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara Pemda DIY dan Universitas Widya Mataram yang bertujuan untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi yang saling menguntungkan dalam rangka penyelenggaraan penelitian dan pengabdian masyarakat melalui integrasi infrastruktur dan pendampingan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Inisiasi dari kerja sama ini diawali melalui kegiatan kolaborasi antara Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta dengan CSR Bank BPD DIY yang dilaksanakan pada tahun 2024 untuk penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Terintegrasi. Dalam kolaborasi ini, Bank BPD DIY memberikan bantuan kepada masyarakat berupa 2 (dua) unit rumah dengan bentuk penanganan berupa Pembangunan Baru Rumah Layak Huni di Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo dan 3 (tiga) unit rumah dengan bentuk penanganan berupa Peningkatan Kualitas di Kalurahan Kedungkeris, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Selain bantuan rumah, CSR BPD DIY juga memberikan bantuan berupa alat pemintal pelepah pisang sejumlah 2 (dua) unit untuk UMKM di Kalurahan Kedungkeris, dengan alat yang dibuat dan dikembangkan oleh Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Bank BPD DIY ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta, Anna Rina Herbranti, S.T., menyampaikan dalam sambutannya bahwa bidang perumahan dan kawasan permukiman merupakan bidang yang tidak dapat ditangani oleh 1 (satu) pihak saja yaitu unsur Pemerintah. Dibutuhkan adanya kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak, yaitu unsur non Pemerintah, termasuk unsur Akademisi. Diharapkan, Kerja sama antara Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Universitas Widya Mataram Yogyakarta dapat terlaksana secara berkelanjutan, demi terwujudnya penelitian, pengembangan keilmuan, pengabdian masyarakat, maupun pembangunan perumahan dan kawasan permukiman untuk mencapai penanganan yang optimal, terpadu, dan tuntas kawasan.  Selain itu, Anna Rina Herbranti, ST, MT juga menegaskan pentingnya sinergi antara dunia akademik dan pemerintah dalam memajukan daerah. “Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan solusi inovatif yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur berkelanjutan. Melalui kolaborasi dengan UWM, kami yakin akan tercipta inovasi-inovasi yang relevan dengan kebutuhan daerah,” jelasnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Eman Darmawan, S.TP., M.P., yang turut hadir beserta jajaran Dekan dan Kaprodi Fakultas Sains dan Teknologi menyampaikan harapannya atas kerja sama ini. “Kerja sama ini merupakan langkah nyata bagi kami untuk mendukung pemerintah daerah dalam menghadapi tantangan-tantangan infrastruktur di masa mendatang. Dengan keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa dan dosen di Fakultas Sains dan Teknologi UWM, kami yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan melalui berbagai proyek penelitian dan pengembangan,” ujarnya.

Tagged in :

dpupesdm Avatar