,

FORUM DISKUSI ENERGI DAERAH DIY

dpupesdm Avatar

Loading

Sosialisasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024

Tren pertumbuhan energi terbarukan di DIY yang paling signifikan pada beberapa tahun terakhir adalah pemanfaatan tenaga surya atau yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pada tahun 2020 kapasitas PLTS di DIY tercatat sekitar 0,6 MWp lalu pada tahun 2023 capaian kapasitas PLTS meningkat pesat hingga mencapai angka 3 MWp yang dibangun oleh berbagai pihak dari sektor pendidikan, industri, bisnis dan masyarakat umum.

Pemerintah sebagai regulator telah menerbitkan regulasi terbaru yang mengatur pembangunan PLTS atap melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024 tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap yang Terhubung Pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Umum. Dengan adanya regulasi terbaru ini tentunya membutuhkan sosialisasi sebagai sarana diseminasi informasi. Berbagai elemen seperti pemerintah, akademisi, pelaku usaha perlu duduk bersama untuk memahami isi dari regulasi baru tersebut.

Dengan latar belakang tersebut, maka diselenggarakanlah Forum Diskusi Energi Daerah dengan Tema Sosialisasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024 pada hari Kamis tanggal 19 September 2024 di Dinas PUPESDM DIY.

Acara dibuka oleh ibu Anna Rina Herbranti, ST. MT selaku Kepala Dinas PUPESDM DIY. Narasumber kegiatan adalah Bapak M. Alhaqurahman Isa dari Direktorat Aneka Energi Baru Terbarukan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari Perangkat Daerah (OPD) DIY, PT.PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, PT. Pertamina Branch Office DIY Surakarta, akademisi dari berbagai universitas serta badan usaha pemegang Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL) di wilayah DIY.

Forum Diskusi Energi Daerah diharapkan dapat menjadi sarana untuk diskusi dan menyamakan persepsi bersama untuk menjaga tren positif pengembangan PLTS ke depan.

Tagged in :

dpupesdm Avatar